18 Jan 2011

Cara Perbaiki HDD menggunakan PC3000 V14


PC3000 V14 adalah program perbaikan berbagai merk harddisk. Banyak kerusakan yang sebenarnya dapat diperbaiki sehingga harddisk layak kembali untuk dipakai. PC3000 yang akan saya sampaikan di sini adalah PCMXPKR.EXE dan PCMXDSP.EXE. Kedua file tersebut khusus dipakai untuk memperbaiki harddisk Maxtor. Saya bukanlah seorang yang handal dalam hal ini, tapi hanya ingin berbagi pengalaman buat kawan-kawan, yang mungkin ingin belajar PC3000 buat nambah order dan penghasilan. Lumayanlah untuk kerusakan-kerusakan ringan sampai ke recovery data bisa mendapatkan uang dari Rp 100.000,- sampai mungkin 1 juta an. Atau mungkin lebih dari itu. Karena Jasa Penyelamatan Data, biayanya tidak dapat ditentukan. Bisa lebih dari Rp 3 juta, disesuaikan kesepakatan. Luar Biasa, khan?


Kerusakan harddisk Maxtor biasanya disebabkan bad sector. Akibatnya hdd tidak terdeteksi oleh bios, terdeteksi sebagai merk pabrik (Maxtor Athena, Ares, Calypso. Dll), tidak dapat diformat, dll.

PC3000 V14 FOR MAXTOR
PC3000 adalah program handal yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan harddisk khususnya merk Maxtor. Badsector, nodetect, smart bad, hdd failure, sampai ke recovery data, dapat dilakukan dengan PC3000. Karena berbahasa Rusia, banyak di antara kita yang memiliki PC3000, kesulitan menggunakannya,. Saya awalnya juga demikian, namun akhirnya bisa juga menggunakannya. Saat ini saya banyak mendapatkan order dari konsumen langsung maupun dari pemain komputer untuk menormalkan kembali kondisi hdd Maxtor atau pun untuk recovery data. Pada posting kali ini, saya akan menulis tahapan kerja sederhana menggunakan PC3000 V14 untuk memperbaiki hdd Maxtor.

Apa sih yang harus kita siapkan?
Pertama, kita siapkan hdd (merk bebas) yang kondisinya masih bagus minimal kapasitas 10 GB, format, beri sistem DOS melalui Startup Win98SE. Hdd ini kita sebut Hdd Master, Hdd Master ini kita posisikan pada Primary Master baik pada jumpernya maupun penempatan pada mainboard. Pada Hdd Master ini juga tersimpan program PC3000 V14 beserta modul-modulnya yang diperlukan.

Setelah program PC3000 V14 tersimpan di Hdd Master tsb, misalnya pada folder atau direktori C:\PC3000, buatlah file autoexec.bat dan config.sys.Kita bisa buat dengan bantuan notepad pada windows.

AUTOEXEC.BAT
C:\PC3000\EMUL\VGAGA.EXE
C:\PC3000\EMUL\PCDOSEMU.COM 2
PATH C:\PC3000;C:\NC
NC

CONFIG.SYS
DEVICE=C:\PC3000\HIMEM.SYS
DEVICE=C:\PC3000\EMM386.EXE RAM
DOS=HIGH,UMB

Perhatikan file-file yang diperlukan, apakah sudah tepat pada posisi foldernya. VGAGA.EXE, PCDOSEMU.COM, HIMEM.SYS, dan EMM386.EXE. Kita juga memerlukan program Norton Commander (NC) untuk membantu dalam pemakaian PC3000. Sehingga kita tidak banyak mengetikkan perintah (teks), tapi tinggal memainkan tombol Enter, dan tombol panah pada keyboard. File Autoexec.bat dan Config.sys tsb kita tempatkan pada root C:\ agar saat startup system, kedua file tsb dijalankan secara otomatis oleh sistem DOS.

Kedua, kita juga memerlukan program lain, seperti Victoria, HDAT, Disk Manager, dan program partisi hdd. Untuk keperluan ini, kita bisa menggunakan BootCD Hiren’s. Kalau bisa sih, program-program tsb, dicopy ke Hdd Master. Jadi kita tidak memerlukan CDROM lagi dan kita bisa langsung menggunakannya tanpa restart terlebih dahulu untuk menjalankan bootcd hiren’s.

Ketiga, Hdd Maxtor yang akan diperbaiki, posisikan jumpernya pada Safemode, dan pada port IDE Mainboard, posisikan pada Secondary Master. Kabel Data dan Power jangan dipasang dulu. Jika sistem Hdd Master sudah siap menjalankan PC3000, barulah kita pasang kabel data dan kabel power pada hdd maxtor yang akan diperbaiki tsb. Posisi Safemode dapat dilihat pada tutor lengkapnya berbahasa Inggris PC3000 V14 dari ACE Laboratory. Diakhir posting ini akan saya beri linknya untuk download. Jika ingin memiliki program PC3000 v14, digoogle saja dengan kata kunci PC3000 V14.

Tahapan Kerja

1. Jalankan sistem Hdd Master sampai tampil promt C:\ atau jika menggunakan NC, tunggu sampai tampil menu Norton Commander
2. Buatlah direktory baru. Agar lebih mudahnya, sesuaikan dengan nama harddisk yang akan diperbaiki. Misalnya C:\AT_20GB (Maxtor Athena 20 GB). Copylah file PCMX_DSP.EXE atau PCMX_PKR.EXE ke C:\AT_20GB. DSP atau PKR (poker) dapat kita lihat dan sesuaikan dengan board (pcb) hdd maxtor yang akan diperbaiki. Sebagai contoh, untuk Maxtor Athena, kita gunakan PCMX_DSP.EXE, dan untuk Maxtor N40 dan ARES, kita gunakan PCMX_PKR.EXE
3. Pasang kabel data dan power pada hdd Maxtor yang akan diperbaiki, dan pastikan posisinya sudah Safemode dan Secondary Master.
4. Masuklah ke direktory C:\AT_20GB, jalankan PCMX_DSP.EXE, atau PCMX_PKR.EXE jika akan memperbaiki hdd Maxtor N40, ARES, atau hdd poker lainnya.
5. Pada menu pertama, kita pilih sesuaikan merk dan tipe Hdd Maxtor yang akan diperbaiki. Misalnya ATHENA.
6. Sampai di sini, kita memerlukan File loader (*.LDR). Pada posisi safe mode, motor hdd tidak bergerak. File LDR akan kita loading untuk menggerakkan motor hdd.
7. Kita memang harus tepat memilih file LDR. Jangan sampai salah. Setiap hdd mempunyai file LDR yang spesifik. Kita bisa lihat dari model hdd tsb. Misalnya Athena 2BO20H1 KMBA A5FBA. Semua itu harus cocok. Kita bisa mengunjungi situs hddguru.com. di sana bisa kita download file LDR, RAM, dan modul2 yang mungkin kita perlukan dan cocok dengan hdd yang akan kita perbaiki.
8. Setelah file LDR diloading, maka motor hdd akan bergerak. Setelah itu kita akan me-reading modul hdd tsb. Modul yang direading tsb akan tersimpan otomatis pada folder MXDSPMOD atau MXPKRMOD dan berekstensi *.rpm dan *.smb.
9. Setelah proses reading selesai, kita keluar dulu dari Program PC3000. Cabut Kabel Power dan pasang kembali. Posisi Hdd tetap pada Safemode.
10. Jalankan kembali PCMX_DSP.EXE atau PCMX_PKR.EXE. Writing File LDR dan RAM yang disesuaikan dengan tipe hdd. Writing kembali file-file rpm dan smb yang sebelumnya telah kita reading.
11. Jalankan modul repairing. Jika OK semuanya. Maka ada kemungkinan besar hdd akan berfungsi kembali. Tapi biasanya perlu di scan dulu untuk menghilangkan bad sector. Misalnya dengan menggunakan program Victoria, HDAT, HDD Regenerator.


Mungkin penjelasan saya di atas masih membingungkan. Anda bisa cocokkan dengan tutorial Berbahasa Inggris dan tahapan kerja sederhana berbahasa indonesia yang akan saya upload.

Download
PC3000 acelab HDD
download Tahap Kerja
Download Utility smart

1 komentar:

  1. Bos...! upload program PC3000 v14 nya donk, supaya bisa dicobain.

    BalasHapus